Defenisi Etika

Defenisi Etika


Definisi Etika

Etika adalah falsafah tingkah laku. Etika didefinisikan sebagai sains moral dan prinsip-prinsip moral yang bertanggungjawab menentukan tindakan seseorang dengan mematuhi nilai-nilai moral.

Definisi Mackie
J.L. Mackie mendefinisikan etika sebagai “disiplin yang dapat menerangkan nilai baik dan buruk sesuatu perbuatan serta menyediakan garis-garis perbedaan antara kebaikan dan keburukan seseorang.”

Definisi Durkheim

Emile Durkheim (1961) mengatakan bahwa etika terdiri daripada suatu sistem peraturan yang ditetapkan terdahulu tentang bagaimana seseorang harus bertindak dalam sesuatu situasi. Peraturan moral lazimnya menentukan setiap tingkah laku dan etika boleh menyekat tindakan seseorang.

Webster’s New Collegiate Dictionary mendefinikannya sebagai berikut:
“1 …the discipline dealing with what is good and bad and with moral duty and obligation.
2 a: a set of moral principles and values
b: a theory or system of moral values
c: the principles of conduct governing an individual or a group.”

Komentar :
Berdasarkan beberapa defenisi mengenai etika seperti yang tercantum di atas, dapat disimpulkan bahwa etika tidak lain adalah sebuah disiplin ilmu berupa peraturan moral atau prinsip-prinsip moral yang menerangkan benar salahnya suatu perbuatan yang dilakukan manusia atau bagaimanakah seseorang harus bertindak dalam sebuah situasi. Etika memiliki tujuan yakni mengatur kehidupan manusia agar menjadi baik dan agar manusia dapat hidup dengan bahagia.

Leave a comment